img_head
BERITA

Rapat Internal Reguler Bulan Maret 2018

Mar15

Konten : berita kegiatan
Telah dibaca : 207 Kali

Kuala Simpang - Humas, Rapat internal Pengadilan Negeri Kuala Simpang edisi Bulan Maret 2018 kembali digelar, kali ini tanggal 14 Maret 2018 pukul 14.00 bertempat diruang sidang utama dengan dipimpin oleh Yang Mulia Ketua Pengadilan Negeri Kuala Simpang Bapak Irwansyah Putra Sitorus, SH, MH. Seluruh pimpinan hadir pada rapat ini yaitu yang Mulia Wakil Ketua Pengadilan Negeri Kuala Simpang Ibu Zufida Hanum, SH, Bapak Panitera M. Nasir A. Gani, S. Sos, SH dan Bapak Sekretaris Mansur, SH juga dihadiri oleh seluruh Pejabat Struktural dan Fungsional, pegawai, dan tenaga kontrak.

 

 

Setelah seperti biasanya rapat dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, tidak ketinggalan pula seluruh pimpinan dan peserta rapat meneriakkan yel - yel Pengadilan Negeri Kuala Simpang. Kemudian sesi pertama dilanjutkan dengan pembahasan laporan perbidang oleh YM. Ibu Wakil Ketua Pengadilan, dimana beliau memberi catatan khusus bahwa dari laporan yang masuk ke beliau ada beberapa bidang yang masih mempunyai isue/masalah/tunggakan pekerjaan/temuan yang sama setiap bulannya, dan sudah beberapa bulan ini terjadi, untuk hal ini beliau menginstruksikan agar tidak terjadi lagi tunggakan pekerjaan yang sama di bulan berikutnya dan fokus menyelesaikan itu terlebih dahulu dan apabila menemui kendala silahkan berkoordinasi dengan hakim pengawas bidang masing - masing dan apabila perlu langsung menyampaikan kepada Beliau, agar hambatan itu tidak selalu berulang. Beliau melanjutkan pembahasan laporan kinerja yang rata - rata masih menyoroti disiplin kerja perbidang, kelengkapan fasilitas informasi didalam ruangan, kecepatan, kecermatan bekerja juga masih perlu banyak di perbaiki. Dalam hal persiapan dan perkembangan akreditasi beliau menginstruksikan kepada para hakim pengawas bidang agar lebih mengatur jadwal kerja, sistem kerja bidang masing - masing yang diawasi karena berkaitan dengan hal tersebut hakim adalah instrumen Internal Auditor di dalam Tim Akreditasi Penjaminan Mutu yang harus prudent dalam menjalankan fungsinya, terlebih waktu terus berjalan mendekati target pendaftaran Pengadilan Negeri Kuala Simpang sebagai peserta Asessment Akreditasi Penjaminan Mutu.

Sesi kedua dilanjutkan oleh beberapa point issue atau temuan yang disampaikan oleh Bapak Panitera mengenai kelengkapan dan kesesuaian berkas banding yang dikirimkan ke Pengadilan Tinggi Banda Aceh harus diperiksa dengan cermat kesesuaiannya sebelum di kirimkan, selanjutnya beliau juga menyoroti mengenai perkara permohonan pergantian nama yang tidak semua permohonan dapat diproses oleh Pengadilan, harus  cermat berkoordinasi antara panitera muda hukum dan panitera sendiri.

 

 

Sesi terakhir YM. Bapak Ketua Pengadilan Negeri Kuala Simpang menyampaikan arahan - arahannya terutama mengenai hasil pembinaan Ketua Pengadilan Tinggi/Tipikor Banda Aceh beberapa minggu yang lalu yang menekankan tentang akseptabilitas putusan hakim pada pengadilan negeri, bahwa dalam memutus suatu perkara hakim harus mampu memenuhi rasa keadilan masyarakat yang berperkara sehingga putusan tersebut acceptable atau dapat diterima yang diharapkan akan mengurangi upaya hukum banding, kasasi dan seterusnya serta kembali menginstruksikan kepada para Hakim dan Pegawai agar selalu mengindahkan Peraturan Mahkamah Agung No. 7, 8, dan 9 terutama tentang kedisiplinan jam kerja, pemberian izin keluar kantor, izin tidak masuk kantor dan lain - lain terkait peraturan kedisplinan dalam perma tersebut harus selalu menjadi acuan agar tertib dalam bekerja, program - program yang telah dicanangkan dapat tercapai dan tidak ada sanksi yang harus dijatuhkan. Selanjutnya Bapak Ketua Pengadilan juga membahas secara umum pencapaian kinerja setiap bidang keseluruhan, dan kembali menanyakan kepada seluruh jajarannya mengenai kesiapan Pengadilan Negeri Kuala Simpang ikut mendaftar menjadi peserta akreditasi penjaminan mutu, meminta komitmen dan itikad baik seluruh Hakim dan Pegawai, serta mengajak kembali untuk bekerja keras, bekerja ikhlas, fokus pada target untuk menuntaskan program kerja tersebut mengingat target yang sudah ditetapkan bahwa akhir bulan maret pendaftaran harus sudah dilakukan.

Akhirnya rapat disudahi sekitar pukul 16.00 ditutup dengan doa bersama oleh seluruh peserta rapat.