img_head
BERITA

Sosialisasi E-Court (Aplikasi Pengadilan Elektronik)

Sep05

Konten : berita kegiatan
Telah dibaca : 78 Kali

 

Kuala Simpang - Humas/ITPengadilan Negeri Kuala Simpang mengadakan acara sosialisasi e-court yaitu aplikasi pengadilan elektronik yang dengan fiturnya memungkinkan para pencari keadilan khususnya yang akan mengajukan permohonan dan gugatan dapat melakukan pendaftaran permohonan dan gugatan tersebut secara online dimana saja dan kapan saja menggunakan media internet. Aplikasi yang sudah di launching oleh Ketua Mahkamah Agung di Balikpapan, Kalimantan Timur beberapa waktu yang lalu ini sudah mulai di gunakan di 32 pengadilan yang ditunjuk sebagai Pilot Project, sementara untuk pengadilan yang lain akan menunggu asessment dari Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum untuk kesiapan penggunaannya. 

Aplikasi ini mengatur para pengguna terdaftar dan terverifikasi yang dapat mengaksesnya, mereka adalah para advokat/pengacara yang telah secara administrasi valid keanggotaannya, dan dapat diverifikasi oleh Pengadilan Tinggi. Mereka akan mewakili para pemohon/penggugat mendaftarkan pembayaran secara online, membayar panjar biaya perkara, dan melakukan sebagian proses hukum acara secara online. Secara umum aplikasi ini terdiri dari E-Filling (pendaftaran perkara secara online), E-Payment (membayar panjar biaya perkara online) E-Summons (Pemanggilan pihak secara online).

Pengadilan Negeri Kuala Simpang sendiri masih akan melakukan persiapan persiapan yang diperlukan seperti infrastruktur jaringan internet (bandwith), PC/Laptop, dan kesiapan SDM aparaturnya untuk menjalankan aplikasi ini, sembari terus meningkatkan kesiapannya Pengadilan Negeri Kuala Simpang akan mengirimkan permohonan kepada Dirjen Badilum Mahkamah Agung untuk dapat  diberikan hak akses ke dalam sistem ini. Oleh karena itulah sosialisasi ini diadakan untuk dapat memberikan gambaran awal kepada seluruh Pimpinan, Hakim, Pegawai dan Tenaga Kontrak Pengadilan Negeri Kuala Simpang mengenai sistem pengadilan elektronik atau e-court ini.