img_head
BERITA

Pembinaan Ketua Pengadilan Tinggi Banda Aceh di Pengadilan Negeri Kualasimpang

Mar27

Konten : berita kegiatan
Telah dibaca : 23 Kali

Kualasimpang - Humas/IT, Hari ini Pengadilan Negeri Kualasimpang menerima kunjungan dari Ketua Pengadilan Tinggi Banda Aceh Bapak H. Djumali, SH yang datang dalam rangka rangkaian kegiatan pembinaan dan pengawasan kepada Pengadilan Negeri se wilayah hukum Pengadilan Tinggi Banda Aceh. Kunjungan yang ketiga kalinya ke Pengadilan Negeri Kualasimpang sejak beliau menjabat ini merupakan yang pertama kali dalam tahun 2019, dan Kualasimpang menjadi satker pertama yang dikunjungi beliau. Mengambil tempat di Ruang Sidang Utama kegiatan pembinaan ini diikuti oleh seluruh jajaran personil Pengadilan Negeri Kualasimpang, mulai dari para hakim, pejabat strktural dan fungsional, para staf pelaksana dan tenaga kontrak, seluruhnya hadir mengikuti kegiatan penting ini. 

Dalam sambutan sekaligus laporan singkatnya di awal acara Ketua Pengadilan Negeri Kualasimpang Bapak Irwansyah Putra Sitorus, SH, MH menyampaikan beberapa hal menyangkut performa kinerja beberapa waktu terakhir serta kondisi terkini di PN Kualasimpang. Hal - hal seperti pelaporan E-LHKPN hakim dan pegawai yang sudah 100% menyelesaikan pelaporannya, dan kondisi terkini satker yang telah kehilangan seorang pegawai terbaiknya yakni Bapak Mansur, SH Sekretaris PN Kualasimpang yang baru saja berpulang ke rahmatullah. Dalam hal ini Bapak Ketua Pengadilan Tinggi Banda Aceh turut mengucapkan belasungkawa yang sedalam dalamnya atas musibah ini, dan mendoakan almarhum mendapat tempat yang terbaik di sisi Allah SWT serta diampuni segala dosanya. Beliau juga menginstruksikan untuk segera menunjuk pelaksana tugas sekretaris agar roda administrasi perkantoran tidak terhambat.

 

 

 

 

Selanjutnya beliau menyinggung masalah pengelolaan SDM Aparatur di Mahkamah Agung RI dan Badan Peradilan di Bawahnya yang telah terintegrasi melalui instrumen teknologi informasi pendukung kinerja utama seperti aplikasi SIKEP, SIWAS, dan SISDIKLAT yang telah diintegrasikan sehingga para pengambil kebijakan di Mahkamah Agung dapat menjadikan aplikasi - aplikasi tersebut sebagai sistem pendukung keputusan terutama dalam promosi, mutasi, kenaikan pangkat, dan lain sebagainya. 

Dalam kegiatan yang dimulai sekitar pukul 08.00 itu beliau juga mengapresiasi PN Kualasimpang telah merubah wujud fisiknya menjadi lebih nyaman, aman, indah, terutama bagi para masyarakat pencari keadilan dan pengguna jasa pengadilan. Menyoal program Pembangunan Zona Integritas dimana PN Kualasimpang telah mengusulkan untuk dilakukan asessment beliau mengingatkan kepada kita semua agar Zona Integritas tidak hanya menjadi slogan formalitas atau lip service saja, namun harus benar benar menjadi karakteristik pelayanan di pengadilan, beliau sangat menekankan pelayanan yang prima dan maksimal kepada masyarakat dengan tanpa mengharapkan imbalan, terlebih lagi PN Kualasimpang telah terakreditasi dan telah menjadi percontohan pengusulan Zona Integritas untuk wilayah Aceh, sehingga program ini harus benar - benar menjadi jiwa bagi segenap aparatur pengadilan dalam bekerja. 

Hal lain yang menjadi perhatian adalah mengenai court calender bagi majelis hakim agar berkomitmen dalam penerapannya, quality control terhadap berkas - berkas perkara yang masuk harus tetap terjaga baik, termasuk mengenai uang konsinyasi juga harus merujuk kepada KUH Perdata dan Surat Edaran Mahkamah Agung dalam pelaksanaannya.

Di akhir sesi pemaparannya beliau memberikan kesempatan tanya jawab bagi para peserta pembinaan, dan juga ditutup dengan wejangan beliau agar tetap memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, bekerja dengan maksimal, ikhlas, untuk mendukung kebijakan kebijakan dan berdoa agar diberikan yang terbaik.