img_head
BERITA

Audit Kinerja dan Penilaian Pembangunan Zona Integritas oleh Tim Penilai Badan Pengawasan Mahkamah Agung

Mei27

Konten : berita kegiatan
Telah dibaca : 45 Kali

Kualasimpang - Humas/IT, Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI memulai tugasnya untuk melakukan audit kinerja dan penilaian pembangunan Zona Integritas di Pengadilan Negeri Kualasimpang. Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari tersebut adalah bagian dari proses penilaian internal seluruh satker di bawah Mahkamah Agung RI yang dalam hal ini di lakukan oleh Badan Pengawasan MA RI, yang mendapatkan kesempatan diusulkan dalam proses penilaian Pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). "Pengadilan Negeri Kualasimpang sangat bersyukur dapat menjadi bagian dari itu," sebut Ketua Pengadilan Negeri Kualasimpang Bapak Irwansyah Putra Sitorus, SH, MH dalam kata sambutannya di sela acara pembukaan Penilaian Zona Integritas oleh Badan Pengawasan MA  Kamis, 23 Mei 2019. Setelah sebelumnya mendapatkan penilaian dari Tim Penilai Internal (TPI) Pengadilan Tinggi Banda Aceh yang dilakukan pada bulan Maret 2019, Pengadilan Negeri Kualasimpang mendapatkan nilai yang cukup memuaskan sehingga dapat diusulkan ke penilaian yang lebih tinggi lagi. Proses Pembangunan Zona Integritas di PN Kualasimpang ini bukanlah merupakan proses yang mudah dan singkat, namun telah dilakukan dari sejak tahun 2018 hingga sekarang ini, dan kedepan tentunya. Semua aparatur baik hakim, pegawai, maupun tenaga kontrak bahu membahu mewujudkan kasta tertinggi dalam hal pelayanan masyarakat, ujar Bapak KPN Kualasimpang. Namun apa yang dilakukan sekarang bukan hanya seremonial untuk memenuhi kriteria penilaian saja, tetapi ini semua adalah output dan outcome dari hasil kerja keras semua lini di Pengadilan Negeri Kualasimpang, dan tidak akan berakhir hanya sampai disini namun akan menjadi budaya kerja bagi seluruh aparatur di PN Kualasimpang. 

Ibu Lindi Kusumaningtyas yang bertindak sebagai Ketua Tim Penilai Internal dari Badan Pengawasan MA RI sangat menyambut antusias semangat para ASN PN Kualasimpang untuk berubah menjadi lebih baik lagi melalui program ini, beliau menyampaikan harapannya semoga hasi penilaian Lembar Kerja Evaluasi (LKE) nanti menunjukkan hasl yang memuaskan, sehingga dapat melanjutkan proses penilaian eksternal yang akan dilakukan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN - RB).

 

 

Pemaparan 6 Area Pembangunan Zona Integritas

Usai pembukaan kegiatan di hari pertama ini dilanjutkan dengan pemaparan ke 6 (enam) Area Pembangunan Zona Integritas oleh masing - masing Koordinator per Area. Di PN Kualasimpang telah ditunjuk para Hakim menjadi Koordinator per area, sekaligus membawakan pemaparan mengenai areanya masing - masing didepan Tim Penilai. Karena keterbatasan Sumber Daya Manusia maka satu orang Hakim harus bertanggung jawab terhadap 2 (dua) area sekaligus. Pemaparan yang di bawakan oleh para  koordinator ini dinilai cukup baik oleh Tim Penilai, cukup representative memperlihatkan proses dan evidence Pembangunan Zona Integritas dalam pandangan awal mereka, sebelum melanjutkan agenda penilaian di hari ke 2, pada Jumat, 24 Mei 2019.

 

Pemeriksaan Dokumen Zona Integritas

Di hari kedua Tim Penilai Internal (TPI) Badan Pengawasan Mahkamah Agung melanjutkan agenda penilaiannya dengan memeriksa kevalidan dan kelengkapan dokumen yang telah dikumpulkan oleh Tim Zona Integritas PN Kualasimpang. Satu per satu dokumen area ditelaah dan di cocokkan dengan berpedoman pada petunjuk pelaksanaan Pembangunan  Zona Integritas yang telah dikeluarkan oleh Kemenpan RB dan Mahkamah Agung yang telah tertuang dalam Lembar Kerja Evaluasi (LKE). Tim ZI PN Kualasimpang pun tetap standby mendampingi selama proses ini, sembari melengkapi kekurangan kekurangan yang langsung dapat dilengkapi sesuai arahan Tim Penilai. Agenda terakhir adalah penyerahan Berita Acara Evaluasi Pelaksanaan Pembangunan Zona Integritas dan Lembar Kerja Evaluasi dari Ketua Tim Penilai dari Badan Pengawasan kepada Bapak Ketua Pengadilan.