img_head
BERITA

Survey Hasil Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Tahun 2019 oleh Badan Pusat Statistik Kab. Aceh Tamiang

Agu23

Konten : berita kegiatan
Telah dibaca : 58 Kali


Kualasimpang - Humas/IT, Serangkaian proses yang telah dijalani Pengadilan Negeri Kualasimpang dalam usahanya untuk meraih satuan kerja berpredikat Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) hari ini memasuki tahap tahap akhir ditandai dengan kunjungan dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Aceh Tamiang yang bertugas untuk melakukan pencacahan/survey ekternal Pelaksanaan Penilaian Reformasi Birokrasi. Hal ini sesuai dengan Surat Penunjukan BPS sebagai Lembaga/Instansi yang ditunjuk secara resmi oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KEMENPAN RB) sebagai pelaksana survey eksternal Pelaksanaan Reformasi Birokrasi di seluruh instansi pemerintah pusat maupun daerah termasuk Pengadilan Negeri Kualasimpang sebagai salah satu satuan kerja Mahkamah Agung di daerah yang telah diusulkan dan telah melalui penilaian secara berjenjang.

Setelah sebelumnya jajaran pimpinan Pengadilan Negeri Kualasimpang yang diketuai Bapak Irwansyah Putra Sitorus, SH, MH beberapa kali beraudiensi dengan jajaran Badan Pusat Statistik (BPS) Kab. Aceh Tamiang untuk memperoleh informasi mengenai pelaksanaan survey yang dimaksud, akhirnya pada pagi hari kemarin Kamis, 22 Agustus 2019 BPS Kab. Aceh Tamiang mengunjungi Kantor Pengadilan Negeri Kualasimpang untuk pelaksanaan survey dan penilaian. Setelah tiba dan disambut hangat oleh Pimpinan Pengadilan Negeri Kualasimpang, jajaran BPS yang langsung dipimpin oleh Kepala BPS Aceh Tamiang Bapak Mukhtaruddin, SE didampingi oleh Tim Pencacah dibawa berkeliling gedung kantor Pengadilan Negeri Kualasimpang untuk melihat lihat infrastruktur utama pendukung pelayanan peradilan, dan juga sarana pendukung lainnya. Bapak KPN Kualasimpang memperkenalkan bagaimana selama ini aparatur Pengadilan Negeri Kualasimpang bekerja melayani masyarakat pencari keadilan. Tim Pencacah juga dengan antusias berkeliling melihat lihat fasilitas pelayanan yang ada di Pengadilan Negeri Kualasimpang sembari mendengarkan penjelasan dan sesekali bertanya kepada yang mendampingi. Tak ketinggalan pula Tim Pencacah mengunjungi satu persatu ruang kerja yang ada untuk melihat bagaimana proses layanan berjalan di belakang layar. 

Acara inti berlanjut kepada interview/wawancara oleh Tim Pencacah kepada responden atau pengguna layanan yang selama ini menggunakan jasa layanan adminstrasi di Pengadilan. Contohnya seperti jaksa, polisi, penasehat hukum yang hari itu datang untuk melakukan rutinitasnya disini, satu persatu dimintai jawabannya terkait dengan proses pelayanan di Pengadilan Negeri Kualasimpang. Tak luput pula masyarakat umum dengan keperluan administrasi seperti pemohon surat keterangan tidak pernah dipidana/bersih diri, mahasiswa, dan berbagai keperluan lainnya juga ikut menjadi responden. Tentu, harapan tertinggi adalah semua layanan prima yang telah diberikan oleh seluruh aparatur di Pengadilan Negeri Kualasimpang kepada masyarakat selama ini tepat guna dan berhasil guna. Sehingga cita cita besar untuk meraih predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) dapat segera tercapai. Amin!

  • Galeri