img_head
BERITA

Sosialisasi Peraturan Mahkamah Agung No. 4 Tahun 2020

Okt07

Konten : berita kegiatan
Telah dibaca : 85 Kali


Kuala Simpang - Humas/IT, Pengadilan Negeri Kuala Simpang menyelenggarakan Sosialisasi Perma Nomor 4 Tahun 2020 tentang Administrasi Persidangan Perkara Pidana di Pengadilan Secara Elektronik, pada hari Rabu tanggal 07 Oktober 2020 bertempat di Ruang Sidang Utama Pengadilan Negeri Kuala Simpang. Sosialisasi ini dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada seluruh Hakim dan Aparatur Pengadilan Negeri Kuala Simpang tentang bagaimana tata cara pelimpahan perkara secara elektronik.

Sosialiasi tersebut dipimpin oleh Bapak Irwansyah Putra Sitorus, S.H.,M.H selaku Ketua Pengadilan Negeri Kuala Simpang, dengan didampingi oleh Manager Representative, Panitera dan Sekretaris Pengadilan Negeri Kuala Simpang.

Ketua Pengadilan Negeri Kuala Simpang mengungkapkan, Perma Nomor 4 Tahun 2020 merupakan salah satu upaya Mahkamah Agung RI dalam meminimalisir penyebaran Covid-19 yang saat ini sudah memasuki cluster warga peradilan. Dalam implementasi Perma Nomor 4 Tahun 2020, pelimpahan perkara atau permohonan yang diajukan oleh Penuntut Umum dan Penyidik tidak perlu lagi bertatap muka atau datang ke Pengadilan, melainkan Penuntut Umum dan Penyidik langsung mengirikan dokumen permohonan atau dokumen perkara dalam bentuk portable document format ( PDF) ke alamat domisili elektronik Pengadilan (E-Court).

Ketua Pengadilan Negeri Kuala Simpang menambahkan, bahwa untuk menindaklanjuti Perma Nomor 4 Tahun 2020, Sekretaris bertanggungjawab atas penyediaan sarana dan prasarana yang ada di ruang sidang agar mempermudah persidangan secara elektronik.

Pada akhirnya output yang diharapkan adalah melalui sosialisasi ini para hakim dan pegawai mampu melaksanakan tugas dengan membantu para pencari keadilan dan berusaha mengatasi segala hambatan dan rintangan untuk mewujudkan peradilan yang sederhana dan biaya ringan, serta mewujudkan peradilan modern berbasis teknologi.

  • Galeri
Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech